Bila Waktu Terbatas, Gunakan Tour Guide

2 tahun lalu saya pertama kali mengunjungi Guangzhou sebagai pusat barang grosiran China setelah travelling dari kota Changsa-China. Beberapa hari di Changsa dalam rangka survei pabrik rekanan yang akan mensuplai beberapa kebutuhan perusahaan saya.

Karena hanya transit selama 18 jam (dari jam 9 pagi hingga menunggu pesawat jam 1 malam), maka belum memungkinkan untuk melakukan explorasi sendirian di Guangzhou. Maka cara mudah dan instan gunakanlah jasa tour guide. Caranya? search saja di goodle dengan keyword “guangzhou tour guide”, maka akan muncul banyak pemandu yang siap menawarkan jasanya..

Saya menggunakan jasa interpreter bernama Lily, dengan tarif 1,7 juta rupiah (setelah nego dari harga 2 juta rupiah). Tarif tersebut termasuk ongkos sewa mobil sekelas Innova selama 1 hari, bahan bakar dan juga antar jemput dari dan ke airport Guangzhou.

Pertama kali landing di Airport Guangzhou, ternyata banyak juga yang menawarkan jasa tour guide. Kalau biasanya tour guide menawarkan jasa ke tempat-tempat wisata, di Guangzhou ini lebih banyak yang menawarkan jasa untuk mengunjungi pusat-pusat industri yang ada di Guangzhou.

Dengan menggunakan jasa tour guide, kita juga akan banyak terbantu tentang informasi lokasi-lokasi sentra perdagangan barang-barang sesuai kategori yang kita cari. Waktu itu saya fokus pada sentra elektronik, gadget, mainan dan ATK yang ada dalam 6-7 lokasi pasar berbeda. Menggunakan jasa tour guide, 1 hari sudah cukup untuk melakukan survey awal, sebelum beberapa bulan kembali lagi untuk melakukan eplorasi lebih mendalam…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *