Tanyakan Rambo Pada Penduduk Vietnam

Saat mengunjungi kota Hanoi,Vietnam dalam rangka undangan pameran dari dubes RI di Hanoi, saya bersama 3 orang kawan seperti biasa melakukan eksplorasi kota.

Hanoi sebagai pusat Ibu kota Vietnam menyimpan banyak peninggalan dan museum perang. Banyak sekali wisata sejarah di kota ini. Yang membuat salut, hampir semua peninggalan perangnya diabadikan dengan begitu baiknya. Terdapat puluhan museum berukuran kecil hingga besar di kota ini. Bersama seorang tour guide, kami hanya sempat mengunjungi 4-5 museum saja dalam sehari.

Di beberapa museum perang di Hanoi ini, beberapa pemandunya adalah seorang veteran perang vietnam yang sudah tua namun tetap dengan semangat yang menggebu-gebu menceritakan dengan detil bagaimana ia mengusir penjajah dari negaranya, heroik! Bekas peluru, tank yang terbelah, pesawat yang hancur, meriam dan sebagainya lengkap diabadikan dengan indah di museum-museum perang di Hanoi ini.

Dan di museum Hochiminh sebagai museum terbesar di Hanoi ini tersimpan mumi jasad Ho Chi Minh, pahlawan besar Vietnam (sekelas Bung Karno di negara kita). Masuk museum ini sangat ketat. Semua tas dan kamera wajib dititipkan saat memasuki ruang mumi Ho Chi Minh. Suasanapun tampak tegang karena dijaga oleh puluhan orang berpakaian militer lengkap dengan membawa senapan. Di dalam ruangan yang gelap, tampak terbaring mumi Ho Chi Minh yang tampak tidur dan dijaga oleh 6 tentara di sekelilingnya.

Keluar dari museum, saya iseng bertanya kepada tour guide kami, apakah kalian penduduk Vietnam kenal dengan Rambo? hehe Rambo yang digambarkan di film-film Holywood sebagai manusia super yang bisa mengalahkan ribuan tentara Vietnam. Inilah film kontroversial yang membohongi publik seolah-olah Amerika menang perang di Vietnam, padahal sebaliknya. Mereka pulang dengan malu setelah dikalahkan oleh Vietnam. Tour guide kami bingung menjawab “siapa Rambo?” tidak ada tokoh Rambo dalam perang kami ujarnya. Ha..ha.. tentu saja film ini tidak akan pernah masuk di Vietnam…

Ohya, di salah satu museum perang Vietnam kami mendapati salah satu referensi yang membanggakan Indonesia. Bahwa ternyata Ho Ci Minh seorang pahlawan besar Vietnam yang berhasil mengusir Perancis dan Amerika dari Vietnam ternyata menggunakan referensi kitab perang berjudul Guerilla Warfare karangan Jendral Besar AH Nasution, pahlawan besar kita!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *