Catatan ringan seputar bisnis, traveling dan komunitas

Menu & Search

Kuadran B berpeluang ‘menabung’ lebih banyak

Menurut Robert T Kiyosaki, orang-orang di kuadran kanan terutama di kuadran B (bisnis owner) adalah orang-orang yang berpeluang paling besar untuk menabung lebih banyak daripada orang-orang yang berada di kuadran kiri (E dan S). Hal ini bukan saja karena pendapatan yang diterimanya jauh lebih besar daripada orang-orang di kuadran E dan S, melainkan karena banyak pos pengeluarannya ternyata sudah ditanggung oleh perusahaan miliknya.

Menurutnya, sebagai Bisnis owner ternyata secara tidak sadar banyak ‘pengeluaran’ yang telah dibiayai oleh perusahaan. Karena banyak ‘pengeluaran’ yang telah dibiayai oleh perusahaannya, sehingga ‘gaji’ yang diterima oleh orang-orang di kuadran B ini relatif ‘tidak dipakai’. Dan itulah salah satu sebab orang-orang di kuadran B ini relatif lebih banyak ‘menabung’ untuk investasi, dimana hasil investasinya makin lama makin besar.

Sebagai contoh yang paling kecil, untuk pengeluaran bensin mobil seringkali pengeluaran ini telah dimasukkan anggaran tetap perusahaannya karena kebutuhan ‘bensin mobil’ sudah pasti untuk mendukung kegiatan bisnisnya. Satu pos pengeluaran yang harusnya dibayar dari ‘gaji’ sudah berkurang….

Contoh kedua, biaya pembelian baju juga terkadang masuk dalam pos anggaran perusahaan karena baju kantor juga mendukung untuk kegiatan bisnis untuk menemui klien, menghadiri acara penting dan sebagainya. Sekali lagi satu pos pengeluaran yang meskipun relatif ‘kecil’ namun tidak mengurangi besaran gaji orang-orang kuadran B ini.

Contoh yang agak lebih besar semisal pembelian mobil. Angsuran mobil bisa dimasukkan pos pengeluaran perusahaan. Mobilpun digunakan sebagai ‘mobil dinas’. Meskipun BPKB mobil atas nama perusahaan (sehingga pajak juga ditanggung perusahaan), namun bila dikembalikan ke ‘asal muasal’ mobil ini tetap saja milik pemilik bisnis tersebut. Coba dihitung, sudah berapa besar penghematan atas gaji yang diterima orang-orang kuadran B ini?

Orang-orang di kuadran E mungkin juga berpeluang beberapa pengeluarannya dibiayai oleh perusahaan tempat dia bekerja. Tapi ada perbedaan penting dalam hal kepemilikan. Misalkan ada kuadran E dan B dimana mobil yang dipakainya dibiayai oleh perusahaannya. Kedua kuadran sama – sama berpeluang ‘menabung’ lebih banyak karena pos pengeluaran untuk membeli mobil sudah dibiayai perusahaan. Yang membedakan, mobil yang dipakai oleh kuadran E adalah mobil perusahaan milik ‘majikannya’ sedangkan mobil kuadran B adalah mobil milik perusahaannya sendiri, dengan kata lain itu adalah mobilnya sendiri juga.

Related article
Bagaimana cara membuat gerakan donasi yg efektif di kala pandemi ?

Bagaimana cara membuat gerakan donasi yg efektif di kala pandemi ?

Berbagi pengalaman membuat campaign donasi yg efektif untuk kegiatan sosial.…

Rahasia perusahaan-perusahaan berusia panjang

Rahasia perusahaan-perusahaan berusia panjang

Salah satu yg membuat perusahaan2 Jepang bisa bertahan lama hingga…

Sense of Crisis, pelajaran utama dari Pandemi Corona

Sense of Crisis, pelajaran utama dari Pandemi Corona

Belajar memiliki “sense of crisis” itu ternyata mahal banget ya…

Discussion about this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Type your search keyword, and press enter to search