Logo
Tiga Kombinasi Sempurna Membangun Bisnis Sukses
8 Apr 2015

Tiga Kombinasi Sempurna Membangun Bisnis Sukses

Post by SamDK

Bisnis sama halnya dengan bermain panahan. Untuk melontarkan anak panah tepat di sasaran utama warna merah, dibutuhkan 3 hal kombinasi yang sempurna, dimana ketiganya tidak bisa terpisahkan. Ketiga hal tersebut adalah kekuatan, kesabaran dan fokus!

Kekuatan

Untuk melontarkan anak panah menuju sasaran tepat, tangan kanan harus lurus memegang busur, sementara tangan kiri menarik string panah hingga ujung anak panah sejajar dengan busur. Untuk menarik string ini dibutuhkan tenaga yang luar biasa kuat. Jika tangan kiri kurang kuat menahan busur maka busur akan bergoyang dan sudah pasti anak panah yang dilepaskan akan meleset dari target yang ditentukan.

Demikian juga dalam membangun bisnis, diperlukan kerja keras yang luar biasa. Bagi yang tidak kuat, biasanya akan menempuh cara-cara instan untuk meraih kesuksesan, yang biasanya juga tidak bertahan lama. Membangun bisnis dibutuhkan kekuatan (baik fisik maupun psikis)  luar biasa dengan nafas panjang ibarat lari marathon, bukan lari sprint.

Kesabaran

Setelah kedua tangan benar-benar kuat memegang busur dan anak panah dalam posisi sempurna, hal selanjutnya yang dibutuhkan adalah kesabaran. Sebelum benar-benar melepas anak panah, kita harus benar-benar sabar menunggu momen yang kadang hanya terjadi dalam sepersekian detik untuk melepas anak panah menuju sasaran yang pas. Mulai dari kecepatan angin hingga degub jantung harus dalam keadaan optimal.

Berbisnis juga  dibutuhkan kesabaran yang luar  biasa. Banyak sekali pebisnis yang sudah berjibaku luar biasa menyerah dalam detik-detik akhir, padahal biasanya garis finis kesuksesannya tinggal beberapa centimeter saja.

Fokus

Setelah memiliki kekuatan dan kesabaran, poin ketiga tentunya adalah fokus. Satu mata konsentrasi melihat bidikan dan mengarahkan ujung anak panah menuju ke sasaran yang tepat. Dalam latihan panahan, target hanya satu, dan biasanya diberi penanda warna merah. Busur yang dilengkapi dengan sight window akan membantu untuk lebih mudah fokus. Titik merah dalam sight window difokuskan pada titik merah sasaran.

Begitu juga dalam berbisnis. Harus fokus pada satu goal yang ingin dicapai. Fokus pada target, fokus pada 1 bisnis hingga benar-benar besar.

Ketiga hal tersebut tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Jika tangan sudah kuat dan sudah memiliki kesabaran namun tidak fokus pada bidang sasaran, anak panah yang melesat pasti tidak mencapai sasaran. Begitu juga jika sudah fokus dan sabar namun tidak memiliki kekuatan, busur panah akan bergetar dan anak panah yang dilesatkan akan melenceng ke kanan atau ke kiri. Sepermili getaran di busur panah dapat menyebabkan puluhan centimeter melesetnya anak panah di sasaran.

Jika ketiga hal tersebut kekuatan, kesabaran dan fokus sudah dalam posisi yang sempurna, Insyaallah anak panah yang dilesatkan akan dapat mendarat di titik merah, skor sempurna untuk bidikan anda!

Tags: , , , ,
an entrepreneur who loves travelling

0 Comments

Leave a Comment