Catatan ringan seputar bisnis, traveling dan komunitas

Menu & Search

5 Tingkatan enterpreneur (bag 2)

Melanjutkan artikel 5 tingkatan enterprenur kemarin, anda sudah menyadari pola pikir enterpreneur tingkat-0 sampai tingkat-2, sekarang kita lanjutkan tingkat selanjutnya.

Tingkat 3: PEMILIK/PEMIMPIN
Pada saat ini, anda pasti sudah memahami bahwa menukar waktu untuk mendapatkan uang bukanlah resep untuk menjadi kaya. Sekarang pahami bahwa pergerakan dari tingkat-2 ke tingkat-3 membutuhkan perubahan pola pikir. Ketika anda bergerak dari tingkat-2, anda benar-benar bergerak dari posisi memiliki pekerjaan dan anda sekarang setengah pensiun. Pikirkan lagi : sampai saat ini anda tak lebih dari seorang karyawan yang luar biasa!

Hanya segelintir orang saja yang bisa sampai ke tingkat-3.

Mereka cenderung tetap tinggal di tingkat ini dengan mengelola bisnis mereka, mungkin karena mereka tidak pernah melupakan kebutuhan untuk merasa diperlukan. Di tingkat ini anda harus belajar untuk melepaskannya.

Perbedaan anda pada tingkat-3 ini dengan tingkat-2 adalah:1. anda telah memiliki sistem yang baik sehingga karyawan dapat bekerja tanpa anda.2. Anda sudah membangun tim kerja yang bagus3. Dan tentunya anda sudah menunjuk seorang general manager.

Satu hal lain yang sangat penting yang sudah anda pelajari disini: KEPERCAYAAN!.

Dan lebih penting lagi, anda adalah manajer yang sesungguhnya dan bekerja di belakang layar, dan memberikan dorongan untuk tim kerja anda.

Sebagai pemilik/pemimpin, salah satu ciri paling penting yang harus anda miliki adalah menerima pendapatan pasif. Fokus anda sekarang tidak lagi pada arus kas, namun pada laba. Anda bekerja lebih cerdas dan lebih kaya. Mereka di tingkat ini, sudah tidak “menghasilkan” uang namun sudah “menerima” laba. Perhatikan perbedaannya!

Inilah dimana kegembiraan dimulai. Tanpa tekanan sehari-hari untuk mengelola bisnis. Anda lebih bersantai, menjaga kesehatan, dan menghabiskan waktu luang beserta keluarga. Dan mungkin untuk pertama kalinya anda belajar berinvestasi. Gaya hidup anda juga berubah melampaui impian terliar anda, dan setelah beberapa saat, anda mulai mencari tantangan-tantangan baru.

Kemudian apa yang harus dilakukan untuk dapat naik ke tingkat-4 (investor)? Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mengumpulkan modal untuk berinvestasi. Semakin tinggi tangga yang anda panjat, semakin menyenanggkan permainan ini.

Tingkat 4: INVESTOR

Investor memiliki pandangan yang sangat berbeda mengenai bisnis dan tujuan bisnis mereka. Kata-kata favorit mereka adalah : “mari kita berkembang”. Mereka berpikir berdasarkan apa yang saya sebut aturan “nol”. Apa aturan nol itu? tak lain adalah…”apa tingkat nol anda? seberapa banyak nol yang terasa nyaman bagi anda untuk dimainkan? berapa banyak angka nol sehari-hari anda?”….

Pahami: jika anda ingin mengubah situasi keuangan anda, anda harus mengubah situasi keuangan anda. Anda tidak dapat mengharapkan perubahan kecil untuk menghasilkan hasil yang besar.

Sebagai investor, pada dasarnya anda menghasilkan uang dengan menjual bisnis, bukan hanya mengelolanya. Pendek kata, anda mencapainya dengan membeli bisnis, mengembangkannya, dan kemudian menjualnya kembali kepada orang lain.

Belilah satu bisnis dengan harga murah, bangunlah bisnis itu, dan kemudian juallah dengan harga tinggi. Guanakan hasil yang anda terima dari penjualan itu, atau paling tidak separuhnya, untuk berinvestasi di properti atau saham.

Di tingkat 4 ini anda harus belajar menginvestasikan uang yang anda hasilkan dari pendapatan pasif. Kata favorit investor adalah pengembalian investasi (ROI/Return On Investment). Bisnis adalah permainan. Jika anda menerima analogi ini,pikirkan hasil investasi anda sebagai kemenangan. Hasil investasi yang dihasilkan oleh investor berasal dari satu hal: mereka memahami bahwa mereka tidak lagi harus menukar waktu mereka untuk mendapatkan uang. Sebaliknya, apa yang mereka cari adalah hasil investasi terbaik.

Masalah yang dihadapi oleh sebagian besar orang adalah mereka begitu sibuk untuk menghasilkan cukup uang agar dapat bertahan hidup, sehingga mereka tidak memiliki cukup waktu untuk mendapatkan transaksi yang baik. Hal ini karena mereka terlalu terpengaruh oleh pemikiran bahwa mereka harus menjadi spesialis. Mereka masih memiliki kecenderungan untuk melakukan pekerjaan, dan bukannya mengambil modal dan meletakkannya di berbagai tempat dimana mereka bisa mendapatkan hasil terbaik. Di tingkat-4 anda tidak lagi harus mencurahkan waktu dan usaha untuk mencapai tujuan. Anda hanya harus menggunakan pengetahuan dan uang.

Tujuan utama dari permainan di tingkat ini adalah membeli kembali waktu anda sehingga anda bisa benar-benar mulai bermain “menciptakan kemakmuran yang sesungguhnya”. namun ada alasan utama yang membuat sebagian besar orang gagal pada tingkat ini. Apa itu? yakni ketika mereka membuat satu kesalahan dan tidak mau membuat kesalahan lagi. Mereka menyerah dan kembali ke tingkat-3 sebelum merasakan keberhasilan.

membeli, membangun dan menjual akan menjadi motto anda sebagai investor. Anda akan menggunakan pendapatan pasif anda untuk membeli bisnis dengan harga murah, kemudian membenahinya untuk segera dijual atau menyempurnakannya dengan menambahkan sedikit laba ketika ingin menjualnya kembali. Ingat! Nilai bisnis hanya ditentukan oleh 2 hal : PENGHASILAN dan LABA.

Tingkat 5: WIRAUSAHAWAN SEJATI

Ini adalah tingkat dimana kapitalis yang sesungguhnya. Wirausahawan sejati menggunakan uang orang lain untuk menghasilkan uang. PIkirkan: apa yang dijual Bill Gates sehingga ia menjadi orang terkaya no-1 dunia? apakah ia menjual software, informasi, solusi atau sistem? Yang ia jual adalah saham microsoft. Walaupun microsoft menghasilkan laba yang bagus, perusahaan itu tidak akan membuatnya menjadi orang terkaya di dunia jika ia tidak menjual sebagian dari perusahaannya. Wirausahawan sejati akan membangun bisnis yang dapat mereka jual ke publik.

Di tingkat ini, anda lebih sering menjual daripada membeli. Di tingkat-4 penekanannya adalah pada kegiatan membeli, membangun dan menjual. Sekarang nama permainan di tingkat ini adalah MENJUAL. Anda akan menjual waralaba atau saham perusahaan anda. Yang menarik dari tingkat ini sebenarnya adalah menciptakan sesuatu dari ketiadaan.

Coba anda pikirkan: anda memulai segalanya ketika mendirikan bisnis ini sendiri dan bekerja keras untuk hasil yang sedikit atau tidak ada sama sekali. Kemudian, anda mengembangkan bisnis ke tahap dimana anda tidak lagi harus melakukan semua pekerjaanuntuk memenuhi kebutuhan anda. Kemudian ketika anda menyadari potensinya, anda mulai melihat-lihat bisnis lain untuk membeli, membangun dan kemudian menjualnya. Hal ini membawa gaya hidup tersendiri bagi anda. Kemudian, dengan kekuatan yang anda miliki, bola terus bergulir dan anda menerapkan struktur korporat. Dan sekarang sebagai wirausahawan sejati, anda mengambil langkah dramatis! tetapi kali ini anda melakukannya dengan uang orang lain! anda benar-benar menciptakan bisnis dari ketiadaan.

Di tingkat ini anda bertindak sebagai seorang visioner. Anda memiliki waktu untuk duduk dan memikirkan gambaran besar. Anda juga harus memiliki jaringan bisnis yang baik untuk membantu reputasi anda untuk membuat segalanya jadi mungkin. Dan di tingkat ini motto terbaiknya adalah “tidak dengan uang saya”.

Di tingkat in pula, anda akan berurusan dengan para pemain besar. Mereka adalah orang-orang yang memiliki banyak uang untuk investasi.

Ketika anda sampai di tingkat-5 ini, anda akan bertanya, “apakah ada tingkat selanjutnya?” Ini pertanyaan yang bagus, namun pikirkan: Pada saat ini anda mungkin merasa bahwa inilah permainan yang anda nikmati. Ingatlah, bahwa bisnis tidak lebih dari suatu permainan.

Sebagian besar orang pada tingkat ini juga menyadari bahwa mereka harus mengembalikan apa yang sudah mereka terima untuk masyarakat. Mereka mungkin lebih terlibat dalam badan amal atau kegiatan nirlaba. ANDA AKAN MERASAKAN KEPUASAN YANG BESAR KETIKA MENGEMBALIKAN APA YANG ANDA TERIMA KEPADA MASYARAKAT.

Jadi kemana semua ini mengarah?

Kapan anda pensiun?

Brad Sugar,

Related article
Bagaimana cara membuat gerakan donasi yg efektif di kala pandemi ?

Bagaimana cara membuat gerakan donasi yg efektif di kala pandemi ?

Berbagi pengalaman membuat campaign donasi yg efektif untuk kegiatan sosial.…

Rahasia perusahaan-perusahaan berusia panjang

Rahasia perusahaan-perusahaan berusia panjang

Salah satu yg membuat perusahaan2 Jepang bisa bertahan lama hingga…

Sense of Crisis, pelajaran utama dari Pandemi Corona

Sense of Crisis, pelajaran utama dari Pandemi Corona

Belajar memiliki “sense of crisis” itu ternyata mahal banget ya…

Discussion about this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Type your search keyword, and press enter to search